Pemerintahan Desa

07 November 2020
Administrator
Dibaca 236 Kali

1     VISI DAN MISI

A.   Visi

Visi adalah suatu gambaran atau cita-cita   tentang keadaan masa depan yang diinginkan   dengan   melihat   potensi   dan kebutuhan Desa.

Berdasarkan kondisi saat ini dan tantangan yang akan dihadapi dalam  6  (enam)  tahun mendatang  serta  dengan mempertimbangkan modal dasar yang dimiliki, maka Visi pembangunan Desa Tuk, Tahun 2022 sampai dengan Tahun 2027 adalah  terwujudnya  Desa  Tuk,  yang  “Berseri”,     yang  dapat diartikan sebagai Desa yang Bersih, Sejahtera dan Religius.

Desa  Tuk  dilakukan  dengan  pendekatan partisipatif  dan melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di desa, seperti pemerintah desa. BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga masyarakat desa dan masyarakat desa pada umumnya.

Untuk  menegakkan  Visi  ini  diantaranya  dengan meningkatkan peran aktif semua pihak yang mencakup :

1)      Menyikapi    sepenuhnya  bahwa   perubahan  ada  ditangan sendiri,      Tuhan tidak akan merubah nasib   suatu kaum apabila  kaum  itu  sendiri  tidak  mau  merubah  nasibnya sendiri;


2)      Mencintai   negeri   sendiri,   tanah   kelahiran,   tempat   kita tumbuh,  berkembang    dan    berkarya,        karena    cinta terhadap tanah air  merupakan sebagian dari Iman.

 

B. Misi

 

Sebagaimana      penyusunan      visi,      pendekatan      yang dilakukan  dalam menyusun misi  adalah  dengan  menggunakan pendekatan   partisipatif   dan mempertimbangkan   potensi   dan kebutuhan   Desa.   Misi   memuat   pernyataan- pernyataan yang harus dilakukan Desa agar Visi desa tersebut dapat tercapai. Adapun Misi Desa  Tuk  adalah sbb:

1)      Peningkatan Sumber daya Manusia

Sebagai salah satu   sumber Potensial  untuk dikembangkan SDM sangat penting untuk terus ditingkatkan agar kualitas pembangunan semakin baik dan inivatif  serta professional. Dengan  mengambil  kata    Langkah  yang  Mulia dari  Visi Desa       diatas   diharapkan   masyarakat       dapat   lebih berdaya   saing   dimanapun   mereka berada, namun tetap membawa nilai-nilai  yang positif :

  1. a. Meningkatkan Rasa  persatuan  dan  kesatuan  antar sesama
  2. b. Peduli sesama antar warga
  3. c. Cinta akan tanah kelahiran sendiri
  4. d. Percaya diri dan Optimis bahwa kami bis

2)      Bidang  Pendidikan dan  Keagamaan  menjadi  Pertimbangan utama  dalam menetapkan    prioritas    pembangunan  Desa, selain   dari   menetapkan. Prioritas   selanjutnya   adalah Kesehatan    mulai  dari  persiapan  regenerasi, peningkatan kualitas       kesehatan   bayi   dan   Balita,   Usia   sekolah, Remaja, Keluarga  dan Orangtua, semuanya harus mendapat akses pelayanan yang memadai.

3)      Ekonomi menjadi   sasaran   pembangunan   dalam   setiap tahun   anggaran, dengan   berbagai   cara   dan   korektif terhadap   kelembagaan   yang   ada, penyediaan   pelayanan dan  fasiltasi   kepentingan  masyarakat  dalam menumbuh kembangkan ekonominya.

4)      Penataan Prasarana Fisik umum yang baik, konstruktif dan representatif, guna  menunjang  kegiatan  masyarakat  baik Pendidikan,  Agama, Ekonomi maupun sosoal Budaya.